Jumat, 27 November 2015

Perbedaan Nano Sim Card dan mini sim card Kartu Perdana?

Apa Perbedaan Nano Sim Card dan mini sim card Kartu Perdana?


Sebelum kemunculan smartphone Android dan berkembangnya iOs , kita terbiasa mengunakan kartu perdana untuk handphone kita dengan ukuran 1,5 cm atau sering disebut SIM card normal, namun denganperkembangan gadget saat ini banyak masuknya seri smartphone yang tidak support mengunakan kartu perdana berukuran normal , pada awal masuk seri-seri smartphone ini sempat membuat orang-orang yang membeli seri smartphone tertentu kebingungan karena tidak ada slot sim cardnya padahal yang terjadi adalah ukuran sim card kartu perdananya yang tidak support.
Ada 3 jenis model sim card yang di gunakan oleh berbagai vendor smartphone untuk konektivitasnya, berikut penjelasnaya :

Sim Card Normal (mini sim card)
Ini adalah slot kartu perdana pada smartphone yang berukuran normal atau berukuran pada umumnya di pakai kebanyakan ponsel lama  dan jenis kartu perdana ini adalah jenis kartu perdana yang standar di keluarkan oleh provider di Indonesia (Telkomsel, XL, Indosat dll).
contoh gadget yang mengunakan sim card normal : Nokia 3315, Xiaomi readmi 1S  dan lain-lain

Micro Sim Card
Ini adalah slot kartu perdana dengan ukuran 1 cm , atau bisa dikatakan memotong tepian dari mini sim card/sim card normal. Jenis ukuran sim card ini tidak di keluarkan di Indonesia karena provider di Indonesia mengeluarkan jenis ukuran default mini sim card, namun ada beberap operator yang membuat garis potong pada mini sim card dengan pola ukuran micro sim card, tujuanya untuk memudahkan konsumen tidak kesulitan memotong mini sim card menjadi micro sim card.
contoh : nokia lumia, galaxy tab 3, himax pure s dan lain sebagainya.

Nano Sim Card
Slot pada smartphone dengan jenis ukuran nano sim card adalah ukuran yang terkecil dari mico sim card. Ukuran nano sim card memiliki ukuran yang hampir menghabiskan tepian dan menyisakan sedikit space di pingiran chip sim card.
nano-micro-sim
Di Indonesia baru di pasarkan oleh pihak provider kartu perdana berukuran mini sim card/sim card normal mengingat masih banyaknya produk gadget yang mengunakan slot mini sim card. Walau ada beberapa provider yang sudah memasarkan jenis kartu perdana yang memiliki dua pola potongan mini sim card dan micro sim card , namun sebagai konsumen kita sebaiknya memotong sim card mengunakan alat pemotong sim card (Sim card cutter) hal ini di tujukan agar kita memotong sim card dengan rapi.

sim-card-cutter
sim-card-cutter-nano-micro

0 komentar:

Posting Komentar